Tutorial pemrograman PHP dasar | sintax dasar PHP


sintax dasar pemrograman PHP
pemrograman PHP


Selamat Datang para pencari pengetahuan php di darsonoaja.blogspot.com. didalam tulisan blog kali ini anda akan belajar mengenai dasar dari pemrograman php dari dasar. baik itu dari pengenalan pemrograman php, fungsi serta kegunaannya , penulisan sintaxnya serta menjalankan php dilocalhost dilaptop anda.

Sebelum berlanjut mengenai bejar pemrograman PHP anda sebaiknya mengetahui dasar dari HTML dan CSS. jika hal tersebut tidak dilakukan maka jika anda mengalami kendala menjalankan pemrograman php anda akan merasa frustasi , pusing, jengkel yang akibatnya anda akan menjadi malas untuk mempelajarinya kembali.

Didalam pemrograman ini anda wajib menyiapkan terlebih dahulu kebutuhan untuk menjalankanya di komputer anda diantaranya yaitu :
1. XAMPP
2. Brouser
untuk menginstall Xampp anda dapat melihat artikel sebelumnya mengenai cara menginstall xampp serta cara menjalankan pemrograman php-nya dikomputer anda.
Untuk Artikel pemrograman php saat ini akan menjelaskan pengetahuan mengenai php saja. untuk belajar phpnya sendiri dapat anda lihat pada list akhir artikel ini.

1. Pengenalan pemrograman PHP

PHP(Hypertext Prepocessor) adalah sebuah bahasa pemrograman yang didesain dan digunakan secara khusus untuk pembuatan dan pengembangan situs website. PHP merupakan bahasa pemrograman server-side karena pemrograman php dijalankan dari sisi server bukan dari sisi pengguna.

Maksudnya dari dijalankan dari sisi server adalah bahasa pemrogramannya dijalankan di server bukan komputer client, misalnya anda memiliki sebuah web berbasis PHP maka web tersebut tidak berjalan dikomputer pengguna melainkan disisi servernya. pengguna hanya menggunakan fasilitas di web tersebut tanpa menginstall ke komputernya artinya pengguna tidak memiliki web tersebut bukan..? melainkan anda pemiliknya yang menjalankannya di servernya.

    PHP mulai dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmush Lerdofr. PHP adalah bahasa pemrograman opensource artinya pemrograman php itu gratis karena dikembangkan secara opensource. Pemrograman PHP sampai saat ini sudah banyak penggunanya, baik itu dari perusahan kecil sampai besar seperti joomla, wordpress dll yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman dasar PHP.
    Selain itu Bahasa pemrograman PHP merupakan bahsa pemrograman yang banyak komunitasnya sehingga jika mengalami kesulitan bisa bertanya didalam forum komunitas tersebut. diantara komunitas yang paling terkenal di jejaring sosial FB adalah PHP indonesia. saya sebagai admin penulis blog ini banyak belajar dari komunitas tersebut.

2. Fungsi Dan kegunaan pemrograman PHP

   Pemrograman PHP pada dasarnya digunakan untuk membuat website, namun dalam membuat website menggunakan PHP diperlukan 3 komponen penting didalamnya yaitu :
1. HTML
2. CSS
3. PHP
    Jika ketiganya diibaratkan sebuah rumah. HTML merupakan lantai, dinding dan juga atapnya, namun untuk menghias rumah tersebut supaya menjadi indah dan menarik maka menggunakan CSS untuk menghiasnya. tentunya rumah tanpa hiasan akan menjadi tidak enak dipandang bukan? maka dari itu CSS yang berfungsi memperindah rumah tersebut.
    Kemudian dimana posisi PHP pada rumah tersebut?.. Jika anda mau berfikir, tentunya sebuah rumah dibangun pasti untuk digunakan pemiliknya bukan? untuk bisa dilihat, dimasuki kamar demi kamar, menyimpan barang-barang kedalam dan membuang barang yang tidak berguna ke luar. nah untuk hal tersebut maka pemrograman PHP dibutuhkan. Pemrograman PHP digunakan untuk membuat aksi pada website jika digunakan secara real. misalnya website tersebut bisa menghapus data, menambahkan data, dll.

3. Apa yang bisa dilakukan oleh pemrograman PHP?

    Seperti yang dijelaskan dari ilustrasi pada fungsi dan kegunaan pemrograman PHP, jika PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aksi pada website secara real maka hal yang dapat dilakukan dengan pemrograman php antara lain:
  • Pemrograman PHP bisa membuat website menjadi dinamis.
  • Pemrograman PHP dapat membaca, menulis, mengedit dan menghapus file yang ada di server
  • Pemrograman PHP dapat mengumpulkan data yang didapat dari form
  • Pemrograman PHP dapat mengirim email
  • Pemrograman PHP dapat yang tidak terbatas seperti gambar, file, dan video
  • dan masih banyak lagi yang bisa digunakan.
    Secara Garis besar yang dapat dilakukan oleh pemrograman PHP adalah seperti poin diatas. jika dituliskan secara keseluruhan maka yang dapat dilakukan oleh pemrograman PHP masih banyak lagi.

4. Penulisan Syntax dasar PHP

    Penulisan syntax pemrograman PHP akan selalu diawali dengan tag pembuka "<?php" dan diakhiri dengan tag penutup "?>". syntax php biasanya selalu disisipkan kedalam HTML pada bagian-bagian tertentu dan yang paling sering digunakan pada saat disisipkan adalah disisipkan kedalam form dan table pada HTML.
Setiap akhir dari tiap baris syntax pada pemrograman php selalu diakhiri dengan tanda titik koma ";". Berikut ini adalah contoh sintax dasar pemrograman PHP.

    
    <?php
      echo " cara belajar pemrograman PHP ala darsonoaja.blogspot.com";
    ?>


    Perhatikan dari contoh diatas. Pemrograman PHP dari contoh diatas diawali dengan tag pembuka yaitu <?php kemudian diakhiri dengan tag penutup yaitu ?> . kemudian perhatikan kembali pada bagian akhir pada baris echo, pada baris tersebut diakhiri dengan tanda titik koma ;
    Fungsi echo sendiri didalam pemrograman php adalah untuk menampilkan output kedalam brouser dan hasil outpunya sendiri yaitu " cara belajar pemrograman php ala darsonoaja.blogspot.com "

4. Cara menjalankan PHP pada localhost

Untuk menjalankan pemrograman PHP sendiri diperlukan 3 komponen penting yaitu
1. Apache
2. Mysql
3. PHP
ketiga komponen tersebut dapat diinstall ke komputer anda. jika anda tidak mau repot maka cukup gunakan XAMPP saja. dan untuk cara pemasangan Xampp dapat dilihat pada artikel sebelumnya mengenai cara menginstall xampp. dan cara menjalankan Pemrograman PHPnya dengan menggunakan Xampp dapat anda lihat pada artikel cara menjalankan php pada xampp.


Kesimpulan :
    PHP merupakan singkatan dari Hypertext Prepocessor yang dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmush Lerdofr. pemrograman php adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan karena bahasa pemrograman php bersifat opensource (gratis). script php dijalankan pada server -side.
    Didalam membuat website terdapat 3 komponen terpenting yaitu HTML, CSS dan PHP. PHP digunakan dalam pembuatan website yang dinamis. PHP bertugas memberikan aksi pada perintah yang dilakukan pada website.
    Untuk menjalankan Pemrograman PHP diperlukan 3 komponen utama yang harus diinstall di komputer anda diantaranya yaitu : apache, mysql dan php. tanpa ketiga komponen tersebut anda tidak akan bisa menjalankan pemrograman php. namun saat ini sudah banyak yang berisi ketiganya didalam satu paket alias hanya menginstall satu kali bisa menggunakan ke tiganya yaitu menggunakan Xampp. Demikian tutorial pengetahuan dasar mengenai pemrograman PHP. semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan . salam ngoding ala darsonoaja.blogspot.com

Posting Komentar

0 Komentar