Text Editor Terbaik Untuk Belajar Pemrograman PHP | PHP programing | darsonoaja.blogspot.com


text Editor


Apa Itu Text Editor?

Text editor adalah sebuah aplikasi yang biasa dipakai programmer untuk menyusun kode program sehingga menjadi aplikasi baru. Bagi Anda pengguna Windows mungkin pernah membuka aplikasi Notepad. Aplikasi tersebut merupakan contoh dari text editor yang ada saat ini.

Di bagian pembuka tadi sudah membahas sedikit mengenai pentingnya text editor. Ya, text editor merupakan bagian yang cukup penting bagi programmer. Bahkan bisa dibilang text editor merupakan senjata utama para programmer untuk membangun sebuah aplikasi. Apalagi coding (menyusun baris kode) merupakan bagian yang tidak pernah lepas dari pekerjaan seorang programmer. 

Ada banyak sekali pilihan text editor. Mulai dari text editor dengan fitur yang sederhana sampai dengan text editor dengan fitur yang sangat lengkap dengan berbagai plugin tambahan yang tersedia. Namun, Anda tidak bisa memilih text editor berdasarkan fitur saja. 

Setidaknya ada tiga faktor yang perlu Anda perhatikan ketika memilih text editor seperti kebutuhan fitur, spesifikasi komputer yang digunakan, dan bahasa pemrograman yang dipakai. Contohnya ketika Anda sedang mengembangkan aplikasi menggunakan dengan C# akan lebih kompatibel jika memakai Visual Studio. Namun kembali lagi, itu juga tergantung kenyamanan masing-masing pengguna text editor.

Dalam belajar Pemrograman PHP diperlukan text editor untuk menulis code-nya. text editor ada yang berbayar ada juga yang free alias gratis. Dalam artikel ini saya akan memberitahukan beberapa text editor yang sering saya pakai untuk belajar pemrograman PHP. Berikut ini adalah text editor untuk belajar PHP yang sering saya gunakan.
  1. text editor notepad++
  2. text editor Sublime text
  3. text editor visual studio code
  4. text editor Atom
  5. text editor BlueFish
  6. text editor Vim
  7. text editor Geany
untuk lebih jelasnya mengenai text editor silahkan simak penjelasan serta kelebihan dan kekurangan dari text editor dibawah ini.

1. Notepad++

Notepad++


Notepad++ adalah text editor yang dapat berjalan di windows. Text editor ini sangat ringan untuk belajar pemrograman PHP ataupun pemrograman lainnya. notepad++ adalah salah satu text editor yang bersifat free atau gratis. untuk mendapatkan text editor notepad++ dapat anda download disini.

Beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan dengan text editor notepad++ antara lain :
  • pemrograman ActionScript, Ada, pemrograman ASP, pemrograman Assembler, autoIt pemrograman Batch
  • pemrograman C, pemrograman C++, pemrograman C#, pemrograman Caml, pemrograman Cmake, pemrograman COBOL, pemrograman CSS
  • pemrograman D, pemrograman Diff
  • pemrograman Flash ActionScript, pemrograman Fortran
  • pemrograman Gui4CLI
  • pemrograman Haskell, pemrograman HTML
  • pemrograman Berkas INI, InnoSetup
  • pemrograman Java, pemrograman Javascript, pemrograman JSP
  • pemrograman KiXtart
  • pemrograman LISP, Lua
  • pemrograman Makefile, pemrograman Matlab, MS-DOS
  • pemrograman NSIS
  • pemrograman Objective-C
  • pemrograman Pascal, Perl, pemrograman PHP, Postscript, pemrograman PowerShell, pemrograman Properties file, Python
  • pemrograman R, Resource file, pemrograman Ruby
  • pemrograman Shell, Scheme, Smalltalk, SQL
  • pemrograman TCL, TeX
  • pemrograman Pascal, Perl, pemrograman PHP, Postscript, PowerShell, Properties file, pemrograman Python
  • pemrograman XML
  • YAML

Mengapa Harus menggunakan text editor notepad++?

1. text editor Notepad ++ sangat Simple, Ringan dan Cepat bila dibandingkan dengan text editor lainnya. Karena text editor ini sangat ringan maka text editor notepad++ sangat-sangat disarankan untuk anda yang memiliki spek komputer yang minim.

2. text editor Notepad++ memiliki fitur Bracket Matching atau bisa dibilang mengumpulkan yang sesuai (berpasangan),biasanya digunakan pada saat menuliskan syntax percabangan,perulangan dan bagian utama program. Fungsi Bracket Matching ini berguna untuk kita jika menuliskan block program yang panjang dan terkadang kita lupa untuk menutup block program yang telah kita buat.

3. text editor Notepad++ juga memiliki fitur Syntax Highlighting tampilan source code,disini kita bisa melihat warna pada setiap fungsi dari syntax. Jadi kita tidak bingung menggolongkan kegunaan syntax yang kita tulis dan dapat dibaca dengan mudah. Contohnya adalah tulisan yang berwarna hijau biasanya terdapat pada statment jika kita menuliskan komentar pada sebuah program.

4. text editor Notepad++ Syntax Folding atau melipat source code, ini hampir sama seperti bracket matching sebelumnya. Jika bracket matching digunakan untuk menunjukan awal dan akhir suatu block program. Syntax Folding disini tidak jauh beda tetapi, digunakan untuk menyembunyikan block program tertentu agar terlihat lebih ringkas tampilannya agar programmer tidak perlu melihat seluruh syntaxnya apa lagi jika sudah sampai lebih 1000 baris lebih.

5. text editor Notepad++ juga memiliki fitur Quick Color Picker++ fungsi ini berguna pada saat kita menuliskan kode warna pada html atau pun CSS jika kita lupa kode pada warna yang kita inginkan, biasanya akan muncul kotak dengan banyak aneka warna yang kita bisa dipilih,setelah memilih nanti kode warna tersebut akan muncul.

2. Sublime Text

Sublime


sublime text adalah sebuah text editor yang banyak digunakan oleh programer terutama programer website. aplikasi text editor sublime merupakan aplikasi berbayar namun anda bisa menggunakan trialnya, adapun untuk mendownloadnya ada bisa download disini. text editor sublime banyak suport dengan banyak pemrograman terutama yang berkaitan dengan pemrograman website seperti pemrograman HTML, pemrograman CSS, pemrograman PHP, pemrograman Angular, pemrograman JS dan masih banyak yang lainnya.

Mengapa Banyak orang menggunakan text editor sublime text?

1. Pluginnya banyak. dengan menerapkan atau menginstall plugin ke sublime text maka anda bisa banyak menerapkan fitur-fitur yang sangat bermanfaat dalam proses pengkodingan. diantara fitur yang paling banyak digunakan di text editor sublime text antara lain.
a. All Autocomplete
All Autocomplete adalah layanan pada sublime yang digunakan untuk autocomplete berdasarkan kata yang diketikan kedalam file. fitur ini akan melengkapi teks secara otomatis dengan menampilkan berbagai kemungkinan sesuai kata yang kita ketik pada file. dengan adanya fitur pugin ini anda akan dimanjakan dan cepat menyelesaikan coding.
b. Aligment
Aligment adalah plugin yang digunakan untuk menyelaraskan text coding yang kita buat. sebenarnya tanpa plugin aligment anda bisa meratakannya secara manual, namun dengan adanya aligment anda bisa lebih mudah menyelaraskan code yang sudah banyak supaya enak dilihat dan dibaca.
c. Terminal
Terminal adalah tempat eksekusi program.salah satunya adalah menjalankan perintah laravel untuk menjalankannya kedalam lokalhost.
d. Emmet
Emmet adalah plugin yang digunakan untuk menuliskan potongan sebuah code. biasanya emet digunakan untuk menuliskan kode html.

2. Dapat membuat komen lebih cepat, hanya dengan menekan tombol kombinasi ctrl +/. anda sudah dapat membuat komentar pada code yang anda inginkan.

3. Dapat menggandakan baris code secara singkat. caranya dengan cara mengklik baris yang akan digandakan kemudian tekan ctrl + shift + D

3.Visual Studio Code

Visual Studio Code


Visual Studio Code merupakan teks editor open-source berbasis Electron yang diracik oleh Microsoft. vscode dapat anda download disini. VS code adalah editor yang saya gunakan saat ini karena ringan dan fiturnya bisa dicustom sesuka hati. banyak tutorial yang disediakan diyoutube ataupun di instagram juga yang menggunakan vscode.
hal-hal yang paling saya sukai di vscode antara lain :
a. Terintegrasi dengan git.
b. Autocomplete
c. Split
d. Minimap
e. Ada terminal didalamnya.
dengan fitur tersebut sangat mempermudah dalam pengerjaan sebuah coding.

Catatan :

Dari ketiga editor diatas saya lebih menyukai dengan Visual Studio Code untuk saat ini. karena didalam vscode selain gratis fiturnya juga lengkap. namun tergantung orang yang memakainya lebih nyaman ke text editor yang mana. akan tetapi untuk belajar saya sarankan menggunakan VS code saja sudah cukup.

4. Komodo Text Editor

Komodo IDE


Selain text editor Sublime Text, ada aplikasi lain yang cukup mirip, yaitu text editor Komodo Edit. Keduanya memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap dan juga bisa dipakai di berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

text editor Komodo Edit sudah berdiri cukup lama. Aplikasi ini resmi diperkenalkan pada tahun 2007 yang saat itu untuk melengkapi IDE berbayar Komodo ActiveState.

Bagaimana dengan dukungan bahasa pemrograman? Tidak perlu khawatir karena Komodo Edit ini mendukung juga bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti pemrograman HTML, pemrograman SQL, CSS, pemrograman Python, pemrograman PHP, pemrograman Ruby, dan lain sebagainya.

Langsung akses ke halaman GitHub Komodo Edit untuk mencoba text editor ini di sistem operasi yang Anda gunakan.

5. Atom text Editor

Atom text editor


Atom, text editor terbaik open source yang ada saat ini. Aplikasi ini tersedia untuk Mac OS, Linux, dan Windows. Saya sendiri sering menggunakan Atom untuk mengelola baris kode atau terkadang hanya untuk menuliskan beberapa catatan.

Text editor Atom ini tidak kalah elegan dengan text Editor Sublime Text. Selain tampilannya menarik dan desain yang elegan, aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa. Jika menginginkan fitur tambahan, Anda dapat dengan mudah menambahkannya melalui menu plugin yang tersedia.

Fitur-fitur yang tersedia di dalam Atom antara lain teknologi web based, fuzzy finder, fast project-wide, file system browser, TextMate grammars, integrasi dengan Node.js, dan masih banyak keunggulan lain Atom dibandingkan dengan text editor lain.

Atom sangat mudah untuk Anda install. Tinggal kunjungi halaman Atom untuk mengunduhnya. Perlu menjadi catatan bahwa saking banyaknya fitur yang ditawarkan editor ini, Anda perlu menyiapkan resource yang cukup besar dibandingkan dengan text editor lain.

6. Vim Text Edior

Vim Text Editor


Vim bisa dibilang text editor yang cukup langgeng. Aplikasi ini dikenalkan pada  1991 dan menjadi salah satu text editor terbaik sampai saat ini.

Jika Anda pengguna Linux pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Ya, Vim merupakan text editor bawaan Linux yang sering bermanfaat untuk membuka dan mengedit baris kode di dalam file. 

Tampilan Vim yang sangat sederhana (menggunakan CLI ‘Command Line Interface’) memang cukup memusingkan bagi pengguna baru. Namun berbicara mengenai kecepatan, tidak perlu dipertanyakan lagi. Vim menjadi satu di antara beberapa editor terbaik yang sangat ringan.

Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dengan berbagai macam fitur. Vim mendukung ribuan bahasa pemrograman, seperti bash script, C, dan PHP. Vim juga mempunyai catatan riwayat edit yang dapat membantu untuk kembali ke awal ketika terjadi kesalahan.

Anda bisa mengecek ada atau belumnya Vim di perangkat menggunakan perintah “vim” di CLI (Terminal atau CMD). Jika di perangkat belum terinstall, Anda bisa langsung mengunduh file instalasi di halaman Vim.

7. Geany Text Editor

Geany text editor


Jika Windows mempunyai Notepad++, Linux mempunyai Geany sebagai text editornya. Ini adalah text editor alternatif yang dimiliki oleh Linux.

Geany text editor merupakan text editor yang ringan, sama halnya dengan text editor Notepad++. text editor Geany hanya membutuhkan library GTK+ runtime untuk bisa dijalankan.

Meskipun ringan, ada beberapa fitur dari text editor Geany yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa di antaranya adalah syntax highlighting, code folding, autocompletion programming, code navigation, dan masih banyak lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti C, Java, PHP, HTML, Python, dan lainnya.

Langsung kunjungi halaman text editor Geany untuk mendapatkan file instalasinya.

Kesimpulan

Ada tersedia banyak sekali text editor terbaik. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda. Text editor yang dapat mencukupi kebutuhan tentu sama bisa menghasilkan aplikasi secara efisien dan efektif.

Anda tidak perlu membuka file kecil menggunakan Sublime atau Atom karena cukup berat. Anda bisa membuka file kecil menggunakan Vim atau Notepad++ dan memanfaatkan lainnya untuk membuka file dan project yang besar.

Demikian artikel mengenai Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman php. Kalau Anda punya saran text editor lain, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar melalui kolom di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Posting Komentar

0 Komentar